Jumat, 01 Mei 2015

Cara gaya Hidup Yang Sehat secara Alami

Cara Gaya Hidup Yang Sehat
Secara Alami




Kesehatan
Cara Hidup Sehat Setiap Hari Secara alami
Cara hidup sehat bagi saya adalah bagaimana caranya kita berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dan mudah agar hidup tetap sehat setiap saat . Kata orang sehat itu mahal padahal tidak sehat itu sangat murah dan mudah, kenapa setiap orang berusaha dengan sebaik-baiknya untuk memeperoleh tubuh yang selalu fit setiap saat. Kesehatan sebenarnya tidak mahal jika kita tahu bagaimana menjalani hidup yang berkualitas dengan cara teratur istirahat baik tidur maupun makan dan minum. Hanya saja sekarang ini banyak orang yang kurang bisa menikmati kehidupan sehatnya karena kepadatan aktifitas sehari-hari. Sebagian orang kehilangan waktu untuk sekedar menyempatkan makan siang atau kebanyakan orang lebih memilih untuk menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam hingga lupa akan waktu untuk beristirahat dan jam tidurnya berkurang. Kehidupan seperti ini sebenarnya tidak baik untuk tubuh dan kesehatan. Tubuh menjadi tidak mendapat asupan gizi yang cukup dan istirahat yang baik ketika orang tidak teratur makan. Tubuh tidak bisa beristirahat yang cukup sehingga tidurnya tidak berkualitas atau berkurangnya waktu untuk beristirahat.
Banyak orang lebih memilih suplemen untuk mendompleng badan agar tetap fit setiap hari. Bahkan ada juga yang menggunakan obat-obatan yang justru akan menimbulkan efek samping dikemudian hari. Penggunaan obat-obatan ini sebaiknya mulai anda tinggalkan karena akan meneybabkan organ tubuh anda tidak sehat karena doping obat tersebut maka  anda dapat mencoba metode sederhana yang saya update menjadi cara hidup sehat yang mudah dan secara alami.

1. Istirahat Yang cukup
Kalau anda sibuk diwaktu siang, usahakan untuk tetap beristirahat cukup dimalam hari. Istirahat ini bisa dimulai dengan tidur yang cukup. Berapa jam tidur yang sehat itu? banyak peneliti mengatakan bahwa tidur yang baik itu 7 jam. Bagaimana jika sulit untuk tidur? Nah disini saya mau menyampaikan bahwa istirahat itu tidak hanya tidur, jika anda tidak bisa menjalani tidur selama 7 jam karena adanya gangguan tidur (insomnia), saya sarankan anda untuk melakukan relaksasi. Relaksasi yang bisa anda lakukan misalnya minum teh hangat atau coklat panas, rebahan, atau mandi dengan air panas. Relaksasi ini bisa membantu anda menenangkan pikiran. Setelah pikiran anda mulai tenang anda bisa tidur dengan mudah.

2. Bagun dipagi Hari
Ibarat orang kata jangan bangun kesiangan, nanti rezekinya dimakan ayam. Perkataan tersebut sering saya dengar dari nenek saya ketika saya masih kecil. Hal itu mengajarkan ‘rezeki’ dipagi hari itu tidak semata-mata harta benda saja, tapi juga udara yang jernih. Udara yang jernih inilah rezeki yang diberikan oleh Tuhan secara cuma-cuma untuk kesehatan tubuh kita. Udara bersih akan berkurang seiring polusi yang mulai banyak disiang hari karena terkontaminasi asap kendaraan dan sebagainya. Jika anda masih ingat pelajaran SD tentang proses pembaruan udara oleh tumbuh-tumbuhan anda pasti ingat bahwa dipagi hari itu gudangnya oksigen. Mungkin pendapat saya yang lain, berhubung saya muslim saya bisa mendapatkan berkah spiritual karena bangun pagi selalu diikuti dengan shalat subuh. Bagi saya kekuatan spiritual juga berguna untuk kesehatan tubuh.

3. Olah Raga secara Teratur
Cara Hidup sehat tidak akan pernah lengkap jika tidak ada unsur olahraga didalamnya. Olahraga membuat tubuh kita menjadi lebih fit. Barang siapa yang jarang melakukan olahraga mungkin mulai saat ini bisa membiasakan diri untuk melakukan olahraga sederhana seperti lari jarak pendek, push up atau senam kecil ketika waktu luang. Olahraga ini dapat membuat racun dalam tubuh melalui keringat sehingga anda tidak perlu menggunakan zat kimia untuk melakukan hal tersebut.

4. Memperbanyak Minum Air Putih
Minum air putih merupakan cara hidup sehat secara alami. Anda tidak perlu menambahkan apapun kedalam air putih. Air putih yang sehat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Tubuh kita ini sangat membutuhkan unsur cairan, aktivitas yang padat membuat tubuh kekurangan cairan sehingga kita sering lemas setiap saat sehingga rasanya selalu ingin tidur. Untuk menghindari hal seperti itu maka  minumlah setidaknya 8 gelas per hari untuk selalu fit dan cara sederhana untuk hidup sehat.

5.Memilih Makanan Yang Sehat 
Makanan untuk tubuh sehat adalah makanan yang berimbang, ini artinya antara serat, karbohidrat dan protein harus seimbang. Jadi ketika perut kita lapar jangan hanya mementingkan karbohidarat saja tapi tubuh anda lebih memerlukan asupan gizi yang berimbang. Saya juga menyarankan untuk tidak membiasakan diri makan JunkFood, selain tidak berimbang anda tidak bisa mengontrol asupan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut sehingga akan menyebabkan hidup kita tidak sehat.

6. Menerapkan Pola Hidup Bersih
Menjaga kondisi lingkungan sehari-hari adalah cara hidup sehat dan bersih. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, lingkungan yang bersih juga menimbulkan mood beraktivitas anda. Mulai saat ini jika tempat kerja anda berserakan, mulailah membersihkan hal tersebut. Gunakan masker saat melakukan bersih-bersih agar debu tidak masuk kedalam tubuh.

Jika anda belum terbiasa menerapkan pola hidu sehat diatas, anda bisa melakukan hal-hal yang paling ringan terlebih dahulu. Hal ini agar diri anda merasa terbiasa melakukan tindakan demi kesehatan anda sendiri. Semoga artikel tentang cara hidup sehat ini bermanfaat.







0 komentar:

Posting Komentar