Kamis, 27 Maret 2014

Makanan Penurun Darah Tinggi

Makanan Penurun Darah Tinggi 

Makanan Penurun Darah Tinggi Apakah anda Penderita Darah Tinggi? Penyakit Darah Tinggi ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena bresiko dapat menimbulkan penyakit lain seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan penyebab penyakit ginjal kronik, untuk itu sangat penting sekali untuk menjaga tekanan darah anda dalam keadaan batas normal sehingga anda tidak terkena penyakit ini. Pada era modern sekarang ini banyak orang, baik tua maupun muda yang mengalami tekanan darah tinggi, gaya hidup modern dan pola makan yang kurang sehat menjadi faktor penyebab timbulnya penyakit darah tinggi. Darah tinggi atau disebut juga dengan hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah di arteri akan meningkat dan peningkatan ini akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya yang mengakibatkan mengedarnya darah melalui pembuluh darah. Secara umum kebanyakan tekanan darah tinggi ini disebabkan oleh gaya hidup modern dan pola makan yang tidak teratur atau tidak sehat yang mengakibatkan timbulnya darah tinggi.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Salah satu hal yang penting dan utama adalah dengan mengubah pola makan anda menjadi sehat, berhentilah mengkonsumsi lemak. Berikut ini beberapa jenis makanan penurun darah tinggi yang baik untuk anda konsumsi. Makanan penurun darah tinggi yang baik bagi kesehatan anda yaitu konsumsilah Sayuran hijau contohnya seperti bayam dan ketumbar kedua sayuran tersebut sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Daun Bayam dan daun ketumbar merupakan sumber kalium yang sangat efektif untuk menurunkan darah tinggi, sehingga sayuran jenis ini cukup efektif dalam menormalkan tekanan darah tinggi. Selain itu daun seledri juga sangt efektif atau cocok sekali untuk menurunkan darah tinggi dengan cepat. Daun Seledri ini mengandung zat 3nB, yaitu zat yang dapat menurunkan tekanan darah dan  Zat 3nB ini menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi timbunan plak yang ada dalam pembuluh darah arteri dengan cepat.


Selain sayuran hijau tadi ynang kita bahas, makanan penurun darah tinggi lainnya adalah tomat, bagi penderita tekanan darah tinggi cobalah mengkonsumsi tomat karena tomat kaya akan nutrisi, mengandung 0 gr kalori, tomat juga kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Nutrisi ini sangat penting untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Makanan penurun darah tinggi lainnya adalah kunyit dan ternyata kunyit ini bisa menurunkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan tingginya kolesterol dan tekanan darah. Kunyit yang secara aktif mengurangi peradangan sehingga pada akhirnya akan membantu menjaga fungsi kardiovaskular serta menjaga kelancaran aliran darah pada tubuh. Selain itu ada juga Bawang merah dan bawang putih kedua bawang tersebut juga bisa menjadi alternatif pengobatan darah tinggi. Bawang dapat membantu dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah. Bawang juga merupakan obat alami dalam menahan efek buruk yang disebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga bawang dapat membantu dalam menghilangkan sumbatan di jantung yang menggangu sistem pernafasan.

Selain beberapa jenis makanan di atas jenis makanan penurun darah tinggi lainnya adalah Jeruk karena jeruk ini kaya akan vitamin C. Selain itu jeruk juga banyak mengandung potasium, serat, dan rendah sodium. Rasa yang manis pada jeruk tidak merepotkan karena bisa langsung kita makan tanpa melakukan olahan. Tidak ada salahnya apabila Anda jadikan jeruk sebagai makanan sehari-hari. Apalagi kebutuhan potasium untuk mengatasi darah tinggi cukup besar. Selain itu bagi anda yang suka mengkonsumsi kopi, mulai sekarang berpindahlah mulai mengkonsumsi kopi tanpa cafein karena hasil penelitian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kafein 500 mg atau setara dengan tiga cangkir kopi, maka tekanan darah meningkat sebanyak 4 mmHg dan jumlah ini juga berefek pada waktu tidur. Selain konsumsi beberapa makanan penurun darah tinggi di atas, bagi anda penderita darah tinggi atau hipertensi lakukanlah olahraga secara teratur, olahraga dapat mengurangi stres dari tubuh sehingga dapat menurunkan ketegangan akibat aktivitas sehari-hari yang anda lakukan. Dengan olahraga juga dapat menghasilkan hormon yang membuat Anda bebas dari stres yang pada akhirnya akan menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tubuh anda akan terasa sehat.

3 komentar: